Kemenkop UKM Dorong Kemitraan Terbuka untuk Lebih Berdaya Saing

- 15 Mei 2021, 18:43 WIB
Petrashop, One Village One Outlet kini bisa dikelola oleh koperasi sebagai wujud kerja sama terbuka
Petrashop, One Village One Outlet kini bisa dikelola oleh koperasi sebagai wujud kerja sama terbuka /Dok. Pertamina

JAKPUSNEWS.com - Kementerian Koperasi dan UKM terus berupaya mendorong penguatan koperasi dan UMKM agar semakin berdaya saing.

Salah satunya, melalui strategi peningkatan kemitraan terbuka dengan ragam stakeholders/mitra baik swasta maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 

Hal itu diungkapkan Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM Ahmad Zabadi, dalam keterangannya di Jakarta.

Baca Juga: Pemerintah Upayakan Percepat Penyaluran Bansos Jelang Lebaran, BST Ditambah 2 Bulan, Mei Juni

Implementasinya, lanjut Zabadi, pada 21 Desember 2020, Kementerian Koperasi dan UKM bersama PT Pertamina (Persero) secara resmi telah menandatangani Nota Kesepahaman tentang Pemberdayaan Koperasi dan UMKM

"Dengan harapan koperasi dan UMKM didorong menjadi mitra strategis dalam menjamin ketersediaan dan pemerataan distribusi energi di Indonesia dengan menjadi pengelola outlet/agen Pertamina Shop (Pertashop)," papar Zabadi dalam keterangan yang diterima Jakpusnews pada Sabtu, 15 Mei 2021.

Tercatat, saat ini, terdapat 13 koperasi di 7 provinsi yang mengantongi izin usaha tambahan sebagai pengelola outlet/agen Pertashop.

Baca Juga: PermataBank Syariah Hadirkan Layanan Digital Bagi Bank Pembiayan Rakyat Syariah

Yakni, KUD Koperasi Unit Desa Sarasah Jrg Pasir Jaya, Koperasi Konsumen Dua Putri Mandiri, Koperasi Mesrania, Koperasi LKM DAPM Mandiri Makmur, Koperasi Gema Indonesia Maju, Koperasi Pemasaran Warung Karya, Koperasi Bina Sejahtera Sampora,  Koperasi Bumi Rejeki, Koperasi Nur Lintang Falah, Koperasi Krama Subak Lumbung Sari Temesi, Koperasi Produksi Kristar, Koperasi Bumdes Matilango, dan KUD Wanasari. 

"Di samping itu, ada 8 koperasi di 4 provinsi sedang dalam proses evaluasi kelayakan oleh Pertamina," ujar Zabadi. 

Halaman:

Editor: Dede Murdy


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X