Setelah Pajak Sembako, Sekolah Juga Bakal Kena Pajak Oleh Pemerintah

- 11 Juni 2021, 06:43 WIB
Ilustrasi - Pajak sekolah juga mulai diberlakukan selain Pajak sembako
Ilustrasi - Pajak sekolah juga mulai diberlakukan selain Pajak sembako //kemendikbud.go.id

JAKPUS NEWS - Setelah pajak sembako, Sekolah juga Bakal dikenai pajak oleh pemerintah. 

Hal Pajak sekolah tertuang dalam draft Perubahan Kelima Atas Undang-undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP).

Adapun ketentuan dalam Pasal 4A dihapus dalam draft tersebut. Pada Pasal 4A Ayat 3, jasa pendidikan dihapus dari jasa yang tidak dikenakan PPN. Artinya, jasa pendidikan akan dikenai pajak. Pajak sekolah

Baca Juga: Pajak Sembako, Anggota Komisi IV Ikut Bicara: Ini Bukan Saat yang Tepat

Beberapa ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1983 tentang Pajak Pertambahan Nilai Barang dan Jasa dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1983 Nomor 51.

Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3264) sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2020 Nomor 245, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 6573), sebagai berikut akan dihapus.

Adapun jasa pendidikan yang dimaksud dalam hal ini sesuai dengan PMK 011 Tahun 2014 tentang Kriteria Jasa Pendidikan yang Tidak Dikenai Pajak Pertambahan Nilai. Seperti PAUD, SD, SMP, SMA/SMK hingga bimbel.

Baca Juga: Sisca Kohl Borong BTS Meal untuk Eksperimen Bikin Es Krim, ARMY Sedih Tak Kebagian, Bilang Nggak Punya Hati

Selain jasa pendidikan, pemerintah juga akan memungut PPN dari bahan pokok dalam RUU KUP.

Dalam draf aturan tersebut, barang kebutuhan pokok dihapus dalam kelompok jenis barang yang tidak dikenakan PPN. Itu berarti, barang pokok akan dikenakan PPN.

Halaman:

Editor: Dede Murdy


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X