Makin Ambisius, Pesawat Ruang Angkasa China Tianwen-1 Torehkan Sejarah Mendarat di Mars

- 16 Mei 2021, 03:20 WIB
PENDARATAN - Gambar simulasi grafis yang diambil pada Sabtu 15 Mei 2021 ini, menunjukkan pendaratan pesawat China di Mars. Pendarat yang membawa penjelajah Mars pertama China telah mendarat di planet merah itu, menurut konfirmasi Badan Antariksa Nasional China (CNSA) pada Sabtu. pagi. Ini adalah pertama kalinya China mendaratkan pesawat di planet selain Bumi./XINHUA/JIN LIWANG/
PENDARATAN - Gambar simulasi grafis yang diambil pada Sabtu 15 Mei 2021 ini, menunjukkan pendaratan pesawat China di Mars. Pendarat yang membawa penjelajah Mars pertama China telah mendarat di planet merah itu, menurut konfirmasi Badan Antariksa Nasional China (CNSA) pada Sabtu. pagi. Ini adalah pertama kalinya China mendaratkan pesawat di planet selain Bumi./XINHUA/JIN LIWANG/ /XINHUA/JIN LIWANG

JAKPUSNEWS.com - Sebuah pesawat luar angkasa milik China bernama Tianwen-1 yang tidak berawak berhasil mendarat di permukaan Mars, Sabtu 15 Mei 2021.

Presiden China Xi Jinping mengeluarkan pesan ucapan selamat kepada semua orang yang terlibat dalam misi pendaratan Tianwen-1 di planet Mars tersebut.

"Anda cukup berani untuk tantangan, mengejar keunggulan dan menempatkan negara kami di jajaran lanjutan eksplorasi planet," kata Xi Jinping. "Prestasi luar biasa Anda akan selamanya terukir dalam ingatan ibu pertiwi dan rakyat."

Baca Juga: Israel Robohkan Gedung AP dan Al Jazeera di Gaza, AS Janji Lindungi Keselamatan Jurnalis

Menurut kantor berita negara China Xinhua, pesawat ruang angkasa milik negeri tirai bambu itu menjadi penjelajah luar angkasa kedua setelah Amerika Serikat yang mendarat di Mars si Planet Merah.

"Pesawat ruang angkasa Tianwen-1 mendarat di sebuah situs di dataran luas yang dikenal sebagai Utopia Planitia, meninggalkan jejak China di Mars untuk pertama kalinya," kata Xinhua.

Pesawat itu nantinya mempelajari permukaan tanah dan atmosfer planet. Zhurong juga akan mencari tanda-tanda kehidupan kuno, termasuk air dan es di bawah permukaan, menggunakan radar penembus tanah.

Baca Juga: Bocoran Ikatan Cinta Minggu 16 Mei 2021, Andin Nampak Kesakitan Saat Al Menyuruhnya Duduk di Kursi Roda

Tianwen-1 atau "Pertanyaan ke Surga", diambil dari sebuah puisi China yang ditulis dua milenium lalu, adalah misi independen pertama China ke Mars. Sebuah wahana yang diluncurkan bersama dengan Rusia pada tahun 2011 gagal meninggalkan orbit Bumi.

Pesawat luar angkasa seberat lima ton itu diluncurkan dari pulau Hainan di China selatan pada Juli tahun lalu, diluncurkan oleh Roket Long March 5 yang kuat.

Halaman:

Editor: Anggie Ariesta


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X