Menlu Retno Marsudi Dorong Kerja Sama Produksi Vaksin

- 7 Juli 2021, 13:55 WIB
Menlu RI Retno Marsudi  dan Menlu Rusia Sergey Lavrov saat pernyataan pers melalui daring dari Gedung Pancasila, Jakarta, Selasa, 7 Juli 2021.
Menlu RI Retno Marsudi dan Menlu Rusia Sergey Lavrov saat pernyataan pers melalui daring dari Gedung Pancasila, Jakarta, Selasa, 7 Juli 2021. /Twitter.com/@Kemlu_RI

Jakpus News - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno L.P. Marsudi dan Menlu Rusia Sergey Lavrov memimpin bersama Pertemuan Khusus Tingkat Menteri ASEAN-Rusia, Selasa, 6 Juli 2021 secara virtual.

Pertemuan tersebut membahas kerja sama kemitraan strategis ASEAN dan Rusia yang tahun ini memasuki tahun ke-25.

Dalam pertemuan tersebut, Menlu RI mendorong penguatan kerja sama dalam sektor kesehatan, khususnya penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi.

Baca Juga: Banggar DPR Sampaikan RAPBN 2022, Ketidakpastian yang Sangat Tinggi Akibat Covid-19

“Kenaikan kasus COVID-19, kemunculan berbagai varian baru dan kesenjangan vaksinasi global merupakan pengingat bahwa ASEAN dan Rusia harus bekerjasama dengan lebih baik dalam menghadapi pandemi. Namun di sisi lain, upaya menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan tetap harus menjadi perhatian utama,” ujarnya.

Lebih lanjut, Retno menyampaikan dua isu utama. Pertama, mengenai kerja sama penanganan pandemi.

Menlu RI mendorong Rusia untuk mendukung pemenuhan kebutuhan vaksin di kawasan melalui doses-sharing, memprioritaskan negara ASEAN sebagai penerima vaksin Rusia serta menjajaki kemungkinan joint-production dengan negara anggota ASEAN.

Baca Juga: Cara Import dan Export Barang Dengan Mudah untuk UKM

Menlu RI juga mengajak ASEAN dan Rusia untuk bersama-sama memperkuat dukungan terhadap COVAX Facility, negosiasi TRIPS Waiver serta kesetaraan pengakuan terhadap vaksin.

Selain itu, Menlu menegaskan pentingnya penguatan ketahanan kesehatan kawasan.

Halaman:

Editor: Dede Murdy


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X