Polda Metro Ancam Datangi Pemudik yang Tak Kantongi Surat Bebas Covid-19

- 17 Mei 2021, 16:33 WIB
Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan saat melintasi pos pemeriksaan kesehatan pemudik di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (16/5/2021). Tes usap antigen gratis bagi pengendara motor yang belum memiliki surat bebas COVID-19 guna mengantisipasi lonjakan kasus usai libur Idul Fitri 1442 H. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/hp.
Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan saat melintasi pos pemeriksaan kesehatan pemudik di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (16/5/2021). Tes usap antigen gratis bagi pengendara motor yang belum memiliki surat bebas COVID-19 guna mengantisipasi lonjakan kasus usai libur Idul Fitri 1442 H. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/hp. /Fakhri Hermansyah/ANTARA FOTO

JAKPUSNEWS.com - Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Mohammad Fadil Imran mengatakan para pemudik yang kembali ke Jakarta usai libur Lebaran 2021, wajib memiliki surat bebas Covid-19.

Menurut Fadil, pihaknya tak akan luput menjaring masyarakat yang diam-diam kembali ke Jakarta tanpa membawa surat tersebut.

"Kalau Anda lolos di pos penyekatan ini, Anda tidak mungkin lolos di basis komunitas. Karena seluruh RT, RW, Babinsa, Babinkantibmas itu akan datang," ujar Fadil dalam keterangannya, Senin, 17 Mei 2021.

Baca Juga: Menhub Cek Pelabuhan Kaliadem dan Stasiun Manggarai di Hari ke 9 Peniadaan Mudik

Fadil Imran menjelaskan jika ada pemudik yang kedapatan tak memiliki surat bebas Covid-19, maka pihaknya akan menjemput orang tersebut melakukan isolasi mandiri dan swab antigen gratis.

Fadil mengatakan anggotanya siap mendatangi para pemudik tanpa surat keterangan tersebut.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya, Koarmada I dan Koopasau I menyatakan akan melaksanakan tes swab berlapis di masa arus balik mudik lebaran 2021.

Pelaksanaan tes swab akan di lakukan di pos-pos arus balik mudik yang tersebar di perbatasan, pelabuhan, hingga bandara.

Baca Juga: Profil Arsjad Rasjid dan Anindya Novyan Bakrie di Calon Ketua Umum KADIN, Dua Pengusaha dan Petinggi TV

Fadil mengatakan upaya itu sebagai usaha memutus mata rantai Covid-19.

Halaman:

Editor: Dede Murdy


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X