Kembangkan Semangat Minat Baca, Anies Canangkan Bangun Taman Literasi di Kawasan Transit Blok M

- 29 Oktober 2021, 06:15 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan /Foto: Facebook/Anies Baswedan/

Jakpus News - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan baru saja kembali mencanangkan untuk mendirikan taman literasi di kawasan salah satu pusat perbelanjaan Ibu Kota, di Blok M Jakarta Selatan.

Taman literasi yang didirikan Anies Baswedan itu diberi nama Martha Christina Tiahahu. Diharapkan sebagai bentuk upaya dalam menambah kekayaan Bahasa Indonesia.

"Mudah-mudahan dengan adanya taman literasi, kekayaan Bahasa Indonesia akan tumbuh lagi," kata Gubernur DKI Anies Baswedan ketika mencanangkan pembangunan taman literasi di Jakarta, Kamis 28 Oktober 2021. 

Baca Juga: Museum Sumpah Pemuda Tutup Hingga Akhir Tahun 2021

Menurutnya, khazanah Bahasa Indonesia perlu diperkaya salah satunya serapan dari bahasa daerah di Tanah Air. Karena itu dia terus berupaya untuk menggiatkan mendirikan tempat literasi di Ibu Kota.

Dalam keterangannya, Anies menyebut saat ini jumlah kosakata Bahasa Indonesia mencapai 135 ribu, sementara Bahasa Inggris mencapai sekitar satu juta kosakata dan bertambah sekitar 7.000 kosakata per tahun.

Sedangkan Bahasa Arab, lanjut dia, merupakan salah satu bahasa dengan jumlah kosakata besar yakni 12,6 juta kosakata.

Baca Juga: Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober Jadi Momen Generasi Muda Tingkatkan Kecerdasan Karakter

"Kita harus tambah terus Bahasa Indonesia. Dari mana? dengan menyerap dari bahasa daerah," ucapnya.

Untuk itu, Anies mendukung pengayaan Bahasa Indonesia melalui penyediaan ekosistem seperti taman literasi, sehingga tidak hanya dibebankan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Badan Bahasa namun perlu dukungan semua pihak.

Halaman:

Editor: Dede Murdy


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network