Cara Membuat Ramuan Herbal Kunyit untuk Atasi Flu di Musim Hujan

- 18 November 2021, 10:55 WIB
Ilustrasi kunyit yang memiliki segudang manfaat kesehatn
Ilustrasi kunyit yang memiliki segudang manfaat kesehatn /Pixabay.com/NirmalSarkar

Jakpus News - Memasuki musim penghujan saat ini banyak persiapan yang harus dilakukan oleh masyarakat. Salah satunya adalah menjaga kesehatan tubuh agar tidak mengalami gangguan.

Ketika musim hujan tiba, tubuh kita seringkali lebih mudah terserang flu. Sehingga kita cenderung harus lebih menjaga diri, mulai dari mengenakan sweater yang menghangatkan tubuh hingga minum berbagai vitamin dan ramuan herbal demi meningkatkan sistem kekebalan.

Flu termasuk penyakit pernapasan dan disebabkan oleh virus. Penyakit ini menyebar melalui tetesan kuman atau droplet yang dikeluarkan orang sakit saat mereka batuk, bersin, dan berbicara.

Baca Juga: Upaya Hadapi Ancaman Gelombang Ketiga Covid-19, Diantaranya Pengetatan Syarat Masuk Rumah Sakit

Gejala flu akan dialami secara mendadak oleh pengidapnya. Biasanya, gejala akan dialami setelah 2–3 hari paparan virus influenza. Mulai dari gejala yang ringan, hingga yang cukup parah. Bahkan, flu dapat memicu kematian jika tidak ditangani dengan tepat.

Salah satu cara untuk meningkatkan imunitas pada tubuh, kita bisa membuat ramuan herbal yang praktis berbahan dasar kunyit.

Kunyit merupakan salah satu ramuan herbal tradisional yang memiliki kandungan kurkumin yang terdapat pada rimpang kunyit. Selain memberi warna pada kunyit, kurkumin juga diduga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Cara Mengenali Gejala dan Pengobatan Kanker Limfoma yang Dialami Ari Lasso

Di dalam 100 gram kunyit, terkandung beragam nutrisi 10 gram protein, 168 miligram kalsium, 208 miligram magnesium, 299 miligram fosfor, 2 gram kalium, 1 miligram vitamin C, dan 55 miligram zat besi.

Selain itu, kunyit juga mengandung senyawa yang bersifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Halaman:

Editor: Dede Murdy


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network