PPKM Mikro Diperpanjang Lagi, Kali Ini Diperluas ke 5 Provinsi

- 3 Mei 2021, 14:53 WIB
Pos PPKM Mikro di Desa Semedo mendata pemudik yang datang selama 24 jam nonstop
Pos PPKM Mikro di Desa Semedo mendata pemudik yang datang selama 24 jam nonstop /Kabar Tegal//Aulia Nur Hakiki

JAKPUSNEWS.com - Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala Mikro dari tanggal 4 sampai 17 Mei 2021.

PPKM Mikro diperpanjang dan diperluas menjadi 5 provinsi.

Provinsi baru yang akan ikut pemberlakuan PPKM Mikro adalah Kepulauan Riau, Bengkulu, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Papua Barat.

Baca Juga: Pasar Tanah Abang Ramai, Pemprov DKI Kolaborasi dengan Aparat Siapkan 5000 Personil Tekan Lonjakan Pengunjung

"Perluasan provinsi ditambahkan 5 provinsi, yaitu Kepulauan Riau, Bengkulu, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Papua Barat sehingga ini totalnya menjadi 30 provinsi," ujar Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto, dalam konferensi pers di akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 3 Mei 2021.

Airlangga juga menekankan pentingnya penggunaan masker, terutama di lokasi fasilitas publik, seperti di tempat hiburan ataupun restoran.

"Di lokasi yang sifatnya fasilitas publik maka penerapan prokes menggunakan masker itu wajib, jadi itu yang diberikan penekanan dan juga pembatasan di tempat tersebut 50 persen," terang Airlangga.

Baca Juga: Soal Kelompok Separatis Papua, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo: Sekali Layar Terkembang, Surut Kita Berpantang

Sebelumnya pada 18 April 2021, PPKM mikro mampu menekan angka keterisian kasus perawatan di rumah sakit (Bed Occupancy Rate/BOR). Per 18 April, tidak terdapat BOR yang berada di atas 60%.

"Kasus aktif per 18 April, 6,6%, dan ini perbaikan dibandingkan dua bulan yang lalu," jelas Airlangga.

Halaman:

Editor: Dede Murdy


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X