Soal Pembelian Alutsista, Wakil Ketua Komisi I DPR RI Utut Adianto: Seperti Membeli Rumah Masa Depan

- 7 Juni 2021, 13:24 WIB
Bakamla RI dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi 1 DPR RI, yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi I, Dr. Utut Adianto, di Gd. Nusantara II Paripurna DPR RI. /
Bakamla RI dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi 1 DPR RI, yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi I, Dr. Utut Adianto, di Gd. Nusantara II Paripurna DPR RI. / /Bakamla RI

JAKPUSNEWS.com - Wakil Ketua Komisi I DPR RI Utut Adianto menyatakan, idealnya Komisi I DPR RI mendukung rencana Kementerian Pertahanan yang akan melakukan pembelian sejumlah alat peralatan pertahanan dan keamanan (Alpalhankam).

Hal itu tentu saja untuk memenuhi kebutuhan tiga matra Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Pengadaan Alpalhankam disebut-sebut membutuhkan anggaran sebesar Rp1,7 Kuadriliun.

Namun yang harus diteliti menurut Utut adalah landasan hukum yang menjadi acuannya pengadaan ini.

Baca Juga: Prabowo Kena Pukulan Telak Soal Belanja Alutsista, Jan Pieter Ate: Musuhmu Datang Berteknologi Baru

“Yang perlu kita teliti adalah butuhkah Perpres (Peraturan Presiden) ataukah PP (Peraturan Pemerintah). Timbul pertanyaan kalau PP biasanya turunan dari UU, tapi tidak semua PP harus turunan UU. Kalau Perpres itu biasanya merujuk pada presiden tertentu, nanti ganti presiden di turbo. Kalau PP ini the whole, semuanya. Bahwa ini keinginan semua bersama DPR,” katanya.

Utut juga menambahkan pengadaan Alpalhankam ini baru rencana. Berjalan atau tidak, tentunya DPR RI mendukung rencana tersebut, karena baginya siapa yang tidak ingin TNI memilki Alutsista yang kuat. Secara urgensi, sambung Utut, saat ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan pembaharuan Alutsista.

Rencana ini adalah jalan keluar yang diberikan Menteri Pertahanan, dan Komisi I DPR RI mengapresiasi hal tersebut.

“Kalau ada pernyataan tidak akan ada perang konvensional, ya kita berdoa saja sebagai umat beragama mudah-mudahan gak ada perang. Tapi kalau ada perang kan harus siap, itu kegunaannya. Kalau tingkat urgensinya kapan, ya sekarang. KRI Nanggala tenggelam itu kita tentu berduka tapi jawabannya bukan hanya berduka, ada langkah lain. Itu yang kita apresiasi dari Pak Prabowo,” ungkapnya. Ia beranggapan pembelian alutsista merupakan investasi masa depan.

Baca Juga: Tes Kepribadian Dari Gambar Wanita atau Pohon, Lihat Gambar Asli 

Halaman:

Editor: Dede Murdy


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X