Bansos PPKM, Pasti Kebagian Rp200 Ribu Juli-Desember untuk Data Bansos Baru Sebanyak 5,9 Juta Penerima

- 21 Juli 2021, 07:52 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini saat memberikan keterangan pers terkait pemberian bantuan sosial kepada Keluarga Penerima Manfaat terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat.
Menteri Sosial Tri Rismaharini saat memberikan keterangan pers terkait pemberian bantuan sosial kepada Keluarga Penerima Manfaat terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat. /Foto : Humas Setkab

Jakpus News - Ada sebanyak 5,9 juta data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) baru yang merupakan data dari pemerintah daerah yang berhak menerima Bansos PPKM akibat terdampak dari PPKM Darurat.

Seperti kita ketahui Presiden Jokowi telah memperpanjang kebijakan PPKM Darurat hingga 25 Juli 2021. Jika ada penurunan kasus Covid-19 maka tanggal 26 Juli 2021 PPKM akan dilonggarkan secara bertahap dan Bansos PPKM dipercepat. 

Bansos PPKM merupakan kompensasi, pemerintah gelontorkan sejumlah bantuan sosial salah satunya Bansos Kemensos Rp200 Ribu untuk 6 bulan ke depan (Juli-Desember).  

Baca Juga: Cara Dapatkan BST Kemensos Rp 300 Ribu, Bansos PPKM Darurat Diperpanjang Lengkap dengan Link Cek Nama Penerima

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menegaskan data untuk Bansos PPKM ini benar-benar data baru penerima manfaat yang sebelumnya belum pernah pendapatkan bantuan serupa. 

"Bansos PPKM jumlahnya Rp200 ribu per KPM diberikan selama Juli-Desember 2021, dan ini merupakan data baru yang belum pernah menerima bantuan sebelumnya," kata Mensos.

Menteri yang diusung PDIP ini juga mengimbau pada masyarakat untuk tetap tenang karena pemerintah telah menyiapkan berbagai bantuan di masa kedaruratan ini. 

Baca Juga: PPKM Darurat Diperpanjang Sampai 25 Juli 2021, Pemerintah Siapkan Bansos Tunai Hingga Subsidi Listrik

Selain Bansos PPKM sejumlah Rp200 ribu, pemerintah juga menyalurkan beras untuk pekerja sektor informal yang berada di wilayah terdampak PPKM Darurat

Bantuan beras sebanyak 5 kilogram ini dikhususkan kepada pemilik warung makan, pengemudi ojek, buruh lepas, buruh harian, karyawan kontrak, dan profesi lainya yang tidak bisa bekerja karena PPKM.

Halaman:

Editor: Dede Murdy


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X