Minta Kepala Daerah Kurangi Belanja Aparatur, Mendagri Tito Karnavian: Dipelototin Lagi

- 14 September 2021, 22:26 WIB
Mendagri Tito Karnavian umumkan 3 instruksi soal PPKM dan minta pemerintah daerah perbanyak belanja layanan publik seperti pendidikan dan kesehatan
Mendagri Tito Karnavian umumkan 3 instruksi soal PPKM dan minta pemerintah daerah perbanyak belanja layanan publik seperti pendidikan dan kesehatan /Instagram@titokarnavian/

Jakpus News - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta kepala daerah untuk meningkatkan belanja pelayanan publik atau belanja yang kemanfaatannya dirasakan langsung oleh masyarakat luas.

Di lain pihak, Mendagri meminta kepala daerah mengurangi belanja aparatur, yaitu belanja yang kemanfaatannya dirasakan secara langsung oleh aparatur daerah.

Tetapi tidak secara langsung dirasakan oleh masyarakat luas, seperti administrasi umum, operasional dan pemeliharaan, belanja pegawai atau personalia, sampai pada biaya perjalanan dinas.

Baca Juga: Politikus PDIP Laporkan Dua Akun Terkait Isu Hoaks Megawati Sakit

“Kurangi belanja aparatur, perbanyak betul belanja yang manfaatnya langsung ke masyarakat,” ujarnya.

Menurut Tito, pandemi COVID-19 mengajarkan pengelolaan Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (APBD) diarahkan pada sektor produktif yang berimbas langsung dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara umum.

Pandemi juga memberikan pembuktian bahwa banyak kegiatan atau pertemuan yang dapat dilaksanakan secara virtual, dengan tetap menghasilkan output yang produktif.

Baca Juga: Dispora DKI Jakarta Minta Anies Baswedan Bayar Commitment Fee Formula E Selama 5 Tahun

Dengan cara itu, anggaran belanja aparatur juga dapat dikurangi. Sebaliknya, anggaran tersebut dapat dialihkan untuk penyelesaian persoalan di daerah masing-masing.

Mendagri mengambil contoh persoalan sampah dan pengelolaannya, anggaran yang semula dialokasikan untuk belanja aparatur dapat dialihkan untuk pembuatan tim yang bergerak khusus mengelola sampah di malam hari. Dengan begitu, diharapkan setiap pagi daerah tersebut dalam keadaan bersih dan bebas sampah.

Halaman:

Editor: Dede Murdy


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X