Sambut Hari Guru Nasional 25 November, Simak Sejarah Singkat untuk Mengenang Sang Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

- 23 November 2021, 11:55 WIB
Ilustrasi Hari Guru Nasional   /Pixabay/Sasin Tipchai
Ilustrasi Hari Guru Nasional /Pixabay/Sasin Tipchai /

Jakpus News - Setiap tanggal 25 November bangsa Indonesia memperingati Hari Guru Nasional, sebagai penghormatan untuk para pahlawan tanpa tanda jasa yang sudah senantiasa memberikan pendidikan bagi anak cucu penerus bangsa.

Tahun ini merupakan peringatan Hari Guru Nasional yang ke-76. Peringatan Hari Guru Nasional itu tak dapat dipisahkan dengan gerakan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Pasalnya, dalam sejarahnya, sebelum ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional, tanggal 25 November dikenal sebagai Hari PGRI.

Dilansir dari laman PGRI, berikut sejarah singkat penetapan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional.

Baca Juga: Lima Puisi Hari Guru Nasional Menyentuh Hati, Menghormati Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Pada tahun 1912, saat Indonesia masih dalam masa penjajahan Belanda, telah didirikan organisasi guru-guru pribumi yang disebut Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB).

Organisasi ini bersifat unitaristik yang anggotanya terdiri dari para praktisi pendidikan, dimulai dari guru pribumi, guru desa, kepala sekolah, pemilik sekolah yang umumnya bertugas di sekolah desa atau Sekolah Rakyat Angka Dua.

Perjuangan itupun tidak mudah untuk mereka jalani, lantaran nasib para anggotanya yang memiliki pangkat, status sosial dan latar belakang pendidikan yang berbeda.

Baca Juga: Profil Arteria Dahlan yang Ribut di Bandara, Ternyata Sempat Maki Departemen Agama Hingga Emil Salim

Selain itu, dengan kesadaran kebangsaan dan semangat perjuangan yang sejak lama tumbuh mendorong para guru pribumi ingin memperjuangkan persamaan hak dan posisi sesama guru dengan pihak Belanda.

Halaman:

Editor: Dede Murdy


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X