Kementerian Perhubungan Siapkan Bus listrik dan Charging Station Sambut KTT G20 di Bali

- 26 November 2021, 13:06 WIB
Ilustrasi - uji coba pengoperasian bus listrik.
Ilustrasi - uji coba pengoperasian bus listrik. /Fauzan/ANTARA

Jakpus News - Kementerian Perhubungan siap mendukung kelancaran konektivitas dan aksesibilitas transportasi saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, yang akan berlangsung 2022 mendatang di Bali.

Sejumlah langkah yang tengah disiapkan di Bali diantaranya: menyiapkan Bandara Internasional Ngurah Rai, pengadaan bus listrik dan stasiun pengisian daya (charging station), pengadaan Halte Trans Metro Dewata, dan manajemen rekayasa lalu lintas di Bali.

Mengenai kesiapan bandara untuk kedatangan para delegasi, Menhub mengatakan Bandara I Gusti Ngurah Rai telah memiliki kapasitas yang memadai.

Baca Juga: Terapkan SNI dan Tingkatkan Kualitas, Chandra Asri Petrochemical Raih SNI Award 2021

Namun demikian, Kemenhub tetap melakukan upaya antisipasi dengan menyiapkan bandara alternatif untuk tempat parkir pesawat para delegasi, yaitu bandara internasional yang ada di Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Lombok, dan Makassar.

Saat ini Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai memiliki panjang runway 3000 x 45 meter, dua appron di utara dan selatan yang dapat menampung 1 pesawat wide big body, 12 pesawat wide body, 50 pesawat narrow body, dan 2 helikopter.

Bandara ini juga memiliki terminal penumpang seluas 2.872 m2 dengan dilengkapi 20 konter imigrasi dan 8 konter bea cukai, serta fasilitas ruang tunggu berukuran 8.897 m2.

Baca Juga: Rutin Konsumsi Air Mineral Jadi Salah Satu Cara Tetapkan Pola Hidup Sehat

Di sektor darat, Kemenhub bersama Korlantas Polri juga mempersiapkan manajemen rekayasa lalu lintas, misalnya yaitu: pemberlakuan ganjil genap dan pembatasan operasional angkutan barang di 10 ruas jalan dari bandara menuju lokasi acara, serta pemberlakuan satu arah (one way) di beberapa ruas jalan di Bali.

Selain itu, juga disiapkan bus listrik melalui skema Buy The Service (BTS) dan shuttle bus dari bandara ke lokasi acara di Nusa Dua, Bali.

Halaman:

Editor: Dede Murdy


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network