Kemensos Luncurkan Program Indonesia Mendengar Bagi Penyandang Disabilitas, Khususnya Tuna Netra dan Tuna Wica

- 10 Januari 2022, 11:05 WIB
Mensos Risma didampingi Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan saat rilis program Indonesia Mendengar untuk penyandang disabilitas di Kabupaten Bandung, Sabtu 8 Januari 2022
Mensos Risma didampingi Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan saat rilis program Indonesia Mendengar untuk penyandang disabilitas di Kabupaten Bandung, Sabtu 8 Januari 2022 /Budi Satria/PRFMNEWS.

Jakpus News - Mengawali Tahun 2022, Kementerian Sosial meluncurkan Program Indonesia Mendengar di GOR Al-Hayu Baleendah, Bandung.

Program Indonesia Mendengar ini sebagai upaya pemerintah memberikan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas, khususnya penyandang disabilitas sensorik netra dan penyandang disabilitas sensorik rungu wicara.

Program Indonesia Mendengar merupakan wujud gagasan Kementerian Sosial yang bertujuan untuk memberikan akses informasi dan komunikasi bagi penyandang disabilitas dan pelaksanaan terapi bagi penyandang disabilitas untuk memaksimalkan fungsi-fungsi tubuh yang dimilikinya.

Baca Juga: Bentuk Apresiasi Penghargaan Peduli Lingkungan Alam, Leonardo DiCaprio Jadi Nama Pohon Langka

"Ini upaya Kementerian Sosial agar saudara-saudara kita penyandang disabilitas bisa akses informasi. Mereka diberi telepon pintar yang dilengkapi aplikasi yang bisa mencatat secara otomatis berdasarkan suara yang tertangkap oleh telepon pintar tersebut", ungkap Mensos Risma.

Risma menambahkan, bantuan telepon pintar dan tablet yang diinstal aplikasi ini untuk memudahkan penyandang disabilitas berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat.

Berdasarkan Susenas BPS tahun 2020 terdapat 22,97 juta penyandang disabilitas. Kondisi kedisabilitasan yang dialami ini mengakibatkan mereka kurang mendapatkan akses pada informasi dan komunikasi, juga pada akses layanan dasar lainnya. 

Baca Juga: Yayasan Gebyar Rutin Gelar Kampung Berdaya. Ajak Anak-Anak Pemulung Mengaji dan Hapalan Al Quran

Namun Undang-Undang Nomor 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas mengamanatkan bahwa penyandang disabilitas berhak untuk mendapatkan informasi dan komunikasi melalui media yang mudah diakses.

Di era teknologi, hampir semua aktivitas kehidupan menggunakan teknologi. Kemanfaatan teknologi bagi penyandang disabilitas perlu terus didorong untuk meningkatkan kualitas hidup penyandang disabilitas. 

Halaman:

Editor: Dede Murdy


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network