BIANK KEROK! Pelaku Perjalanan Luar Negeri Penyebab Masuknya Virus Covid-19 Varian Omicron di Tanah Air

- 11 Januari 2022, 07:12 WIB
Ilustrasi bandara. Berikut 9 pintu masuk (entry point) ke Indonesia bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN)
Ilustrasi bandara. Berikut 9 pintu masuk (entry point) ke Indonesia bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) /Pixabay/652234

Jakpus News - Di Indonesia, sebagian besar peningkatan kasus Covid-19 varian Omicron disebabkan oleh Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN).

Masih hangat dibicarakan adalah Ashanty yang terpapar Omicron usai liburan bareng keluarganya dari Turki. Padahal sebelumnya pemerintah telah mengimbau untuk tidak atau menunda perjalan ke luar negeri jika tidak ada urusan penting. 

Penyebaran kasus Covid-19 varian Omicron telah menyebar ke 150 negara di dunia, sebagian besar di antaranya menginfeksi berbagai negara maju hingga mencapai puncaknya dan lebih tinggi dari gelombang sebelumnya yaitu varian Delta.

Baca Juga: KETIK GENSHIN1006S, TERBARU Redeem Code Genshin Impact 11 Januari 2022 dari miHoYo

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangannya di Kantor Presiden, Jakarta, pada Senin, 10 Januari 2022, usai mengikuti rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

"Peningkatan tersebut juga langsung meningkatkan perawatan rumah sakit terutama di Amerika Serikat dan Australia, di Inggris maupun di Eropa.

Tren peningkatan lainnya terjadi di India, Filipina, dan Jepang namun terdapat penurunan kasus yang cukup signifikan di Afrika Selatan,” ujar Menko Marves.

Luhut mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan ke luar negeri dalam beberapa minggu ke depan untuk mencegah penyebaran virus korona.

Baca Juga: Intip Doni Salmanan, Profil dan Perjalanan Karir Sang Trader Sukses yang Hanya Lulusan SD

Luhut menyebut, kasus konfirmasi PPLN mendominasi proporsi kasus harian di Indonesia hingga menyebabkan kenaikan kasus aktif dan perawatan pasien di Jawa-Bali.

Halaman:

Editor: Dede Murdy


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network